Penelitian Monitoring

Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional

 


Pengantar


bpjs

Program jaminan kesehatan yang dibiayai pemerintah dan masyarakat melalui BPJS akan dimulai pada tahun 2014. Perubahan pembiayaan menuju ke Universal Coverage merupakan hal yang baik namun mempunyai risiko sampingan. Ketidakmerataan fasilitas dan tenaga kesehatan dapat menimbulkan masalah baru berupa ketidakadilan antara kelompok masyarakat dan geografis. Dengan risiko ini maka program jaminan kesehatan BPJS ini perlu dimonitor dan dievaluasi pelaksanaannya. Dalam monitoring dan evaluasi ini sifat independensi perlu ditekankan.

Dalam konteks independensi ini Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia mengajak para peneliti di berbagai universitas di Indonesia untuk aktif melakukan monitoring dan evaluasi. Keaktifan ini dilakukan dengan melakukan penyusunan proposal dan protocol penelitian monitoring dan evaluasi kebijakan secara bersama.

Bagaimana cara untuk aktif bergabung bersama?

  1. Daftarkan diri anda dengan syarat mengatas namakan kelompok peneliti di perguruan tinggi anda. Pendaftaran dilakukan ke alamat email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Setelah mendaftar, anda akan menerima informasi mengenai password dll yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan proposal secara bersama di web ini.
  3. Silahkan anda klik bagian-bagian di daftar isi. Harap anda baca baik-baik dan silahkan memberikan komentar pada kotak yang sudah disediakan. DIharapkan setiap akhir minggu, isi akan diperbaharui. Dalam kegiatan ini akan dipandu oleh moderator yang bekerja virtual.
  4. Proposal ini diharapkan dapat diselesaikan pada bulan September 2013 saat pertemuan di Forum nasional ke IV Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia di Kupang.
  5. Proposal mencakup penelitian di level nasional dan di level propinsi/kabupaten. Untuk level nasional akan ada tim khusus untuk mengelola data yang berasal dari seluruh Indonesia. Untuk level propinsi/kabupaten, analisis data dilakukan oleh universitas di daerah masing-masing.
  6. Para peneliti diharapkan mencari dana penelitian sendiri dari universitas masing-masing atau dari sumber-sumber lain.

Silahkan anda klik bagian-bagian di daftar isi. Harap anda baca baik-baik dan silahkan memberikan komentar pada kotak yang sudah disediakan. DIharapkan setiap minggu, isi akan diperbaharui. Dalam kegiatan ini akan dipandu oleh moderator yang bekerja virtual.

Daftar isi:


 

pendahuluan

Permasalahan

tujuan

manfaat

Tinjauan-Pustaka

Kerangka-Konsep

Hipotesis

Sub-penelitian-1

Sub-penelitian-2

Sub-penelitian-3

 policy


Cara bekerja

  1. Pertemuan di Yogya pada bulan Juni ini telah mendapatkan anggota kelompok penelitian multi-center ini. Anggota kelompok adalah universitas-universitas yang bersedia mengembangkan protocol dan proposal bersama di tahun 2013, dan akan melaksanakan pada tahun 2014.
  2. Analisis data akan terbagi menjadi dua level: (1) Level nasional dengan data berasal dari berbagai propinsi yang mengikuti; dan (2) Level Propinsi dan Kabupaten.
  3. Mulai bulan Juni ini dilakukan penulisan protocol dan proposal yang dimulai pertama kali di Yogya pada bulan Juni dan dimatangkan pada bulan September 2013 di Kupang. Diantara dua masa ini dilakukan kegiatan diskusi melalui internet dengan http://manajemen-pembiayaankesehatan.net Draft Proposal akan ditayangkan di web dan dapat dikomentari dengan mudah.
  4. Berbagai komentar akan dibahas pada setiap akhir minggu. Pada hari Selasa, sudah ada draft yang baru untuk dibahas kembali oleh para anggota. Akan dilakukan pula video-streaming untuk membahas proposal.
  5. Mulai bulan Juni 2013 dilakukan pencarian sumber dana. Altenatif adalah (1) BPJS sendiri dengan kontrak independen; (2) dari universitas masing-masing; (3) Balitbang Kemenkes; (4) masyarakat; dan (4) dari donor.

Penelitian Monitoring Pelaksanaan Kebijakan Jaminan Kesehatan

Batas Akhir Pengumpulan Abstrak

Login